Meniatkan Diri Untuk Bahagia

Mulai pagi ini saya belajar membiasakan diri untuk hidup bahagia apapun kondisinya. Setiap bangun pagi saya selalu menanamkan dalam hati kalau saya berniat bahagia untuk hari ini. Ya kelihatannya ini merupakan hal yang sepele. Tapi kalau kita selalu melakukannya secara berulang-ulang, Insya Allah, kita benar-benar merasakan efeknya.

HappyMenurut kompas, Bahagia itu simple dan nggak ribet.

Setiap orang pasti ingin punya hidup yang bahagia. Tak jarang mereka rela mengeluarkan banyak uang dan usaha untuk bisa hidup bahagia, misalnya liburan ke luar negeri, atau tinggal di rumah mewah. Namun benarkah bahagia itu membutuhkan banyak uang? Ternyata tidak juga. Bahagia itu sederhana, bahkan lebih sederhana dari yang Anda pikirkan. Setidaknya, itulah hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology.

Sang peneliti, Yuna L. Ferguson dari Knox College dan Kennon M Sheldon dari University of Missouri berhasil menemukan kunci sederhana untuk menemukan kebahagiaan. Rahasia kebahagiaan ini ternyata hanyalah sejauh pikiran dan niat untuk menjadi bahagia.

Penelitian ini membuktikan bahwa hanya dengan mencoba dan berpikir untuk menjadi bahagia sudah cukup untuk benar-benar meningkatkan rasa bahagia dalam hidup.

Percobaan ini dilakukan dalam beberapa tahap. Di tahap pertama, 167 mahasiswa diminta untuk mendengarkan lagu bernada gembira. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk melakukan berbagai upaya sadar untuk membuat diri mereka lebih bahagia lewat pikiran. Sementara kelompok lainnya diminta untuk tidak melakukan dan memikirkan apapun, hanya bersantai dan mendengarkan musik.

Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang diperintahkan untuk mencoba merasa bahagia lewat pikiran dan niat sambil mendengarkan musik ini mengalami perubahan suasana hati jadi lebih bahagia yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya mendengarkan musik saja.

“Ini menunjukkan bahwa kombinasi niat dan metode yang tepat akan membantu meningkatkan mood positif dan rasa bahagia Anda,” tulis peneliti ini dalam studinya.

Percobaan kedua melibatkan 68 mahasiswa. Mereka diminta untuk mendengar berbagai jenis musik “positif” selama dua minggu. Seperti penelitian pertama, responden dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diminta untuk memusatkan pikiran pada rasa bahagia dan yang lainnya tidak. Hasilnya, kelompok orang yang punya pikiran untuk merasa bahagia ternyata mengalami peningkatan rasa bahagia yang lebih besar dibanding yang tidak diberi instruksi.

Selain pikiran dan niat untuk bahagia, nyatanya hal ini juga harus didukung oleh adanya kegiatan atau usaha lain untuk mendukung kebahagiaan. Misalnya, olahraga, tidur, dan interaksi sosial untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan pandangan postif Anda terhadap kehidupan

Lewat penelitian ini, peneliti ingin menunjukkan bahwa berusaha menjadi bahagia adalah cara yang paling efektif untuk membuat hidup benar-benar lebih bahagia. Kebahagiaan ini disinyalir sebagai akibat dari adanya perubahan pandangan hidup menjadi lebih positif.

Sumber : Kompas

Tertarik untuk mencoba? šŸ˜‰

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s