Lampu ADSL Berkedip Lagi

Kemarin speedy saya ‘berulah’ lagi. Ketika pertama kali di nyalakan, lampu ADSL di modem berkedip terus mati, berkedip terus mati demikian seterusnya. Langsung saya cek suara telpon di rumah. Suaranya bersih tidak ada bunyi kemrosok (noise). Berarti kemungkinan ada trouble di modem atau kabel atau bisa juga splitter. Untuk saya pastikan tidak ada masalah, karena waktu tes dengan broadband 3, masih lancar.

Karena ingin cepat beres. Langsung saya ganti modem dengan modem cadangan yang saya tahu masih berfungsi normal. Splitter juga saya ganti dengan yang baru. Kabel rj-11 saya ganti juga dengan yang baru, bawaan modem ke dua. Setelah selesai setting, ternyata lampu ADSL masih nge-blink. Wah, dimanakah sumber masalahnya?

Saya coba telpon 147, mungkin ada gangguan jaringan di kota saya. Operator bilang kalau saat itu jaringan speedy sedang baik2 saja. Tidak ada gangguan. Operator pun coba bantu dengan reset jaringan, namun hasilnya nihil. Tidak ada perubahan. Operator pun mencatat keluhan saya, dan petugas speedy di janjikan untuk datang ke rumah 3×24 jam.

Udah dua hari, petugas speedy belum datang. Karena penasaran, saya coba perbaiki sendiri. Saya reset modem, dan setting ulang konfigurasi di modem. Saya bersihan semua port di ujung kabel rj-11. Dan tiba-tiba saya tersadar, kalau bagian konektor rj 11 ada yang patah. Bagian kecil buat nge-lock/ngencengin waktu masuk ke port modem/ socket telp. Mungkinkah ini penyebabnya?

Untuk mengakali saya coba ganjal dengan kertas biar socket rj11 nggak goyang-goyang. Dan ternyata, lampu adsl masih tidak mau menyala :(. Dan saya pun pasrah nungguin petugas speedy yang tak kunjung datang.

Saya balikkan semua kabel, modem, dan splitter lama. Termasuk kabel yang dari socket telkom menuju splitter. Lalu saya coba nyalakan modem, siapa tahu ada ‘keajaiban’. Dan tiba-tiba lampu ADSL kembali menyala (tidak berkedip). Alhamdulillah! koneksi internet speedy kembali lancar.

Setelah di telusuri, ternyata masalahnya ada di posisi konektor di rj11 di socket telkom yang tidak pas. Mungkin karena masangnya tergesa-gesa atau di tarik ponakan waktu mainin telpon.

So, kalau lampu ADSL nge-blink berarti ,
1. Kalau line telpon kemrosok, berarti jaringan kabel telpon bermasalah. Call 147 bagian teleponi untuk memperbaiki kabel yang putus di jalan.
2. Kalau line telpon bersih, tidak ada noise. Maka kemungkinan masalah ada di bagian antara modem-kabel-splitter-socket. Telpon 147 dulu, buat pastiin tidak ada gangguan jaringan speedy di kotamu. Sekalian minta bantuan reset jaringan.
3. Coba tes dengan perangkat lain mulai dari modem, kabel, splitter.
4. Kalau langkah-langkah sebelumnya tetep gagal, ya tunggu petugas speedy buat benerin.

Cerita lain tentang si sapidi
Kecepatan Speedy Menurun, Tidak lagi 1mbps
Telkomspeedyku Balik Ke 1mbps Lagi
Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak
Lampu ADSL mati

Tinggalkan Komentar

