Dana Darurat

Dana darurat adalah uang cash yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk kebutuhan mendesak (urget). Karena sifatnya harus bisa diakses secepatnya, dana darurat harus berupa cash kalau pun dalam bentuk tabungan harus yang liquid (bisa di tarik via atm secepatnya). Tapi, kalau saya pribadi lebih suka kalau dana darurat berupa cash.

Sebelum kamu berpikir untuk investasi atau beli asuransi, pastikan kamu sudah punya dana darurat terlebih dahulu. Karena dana darurat bisa juga sebagai buffer untuk investasimu. Jadi, saat ada kejadian mendesak dan butuh uang, kamu tidak perlu mengorbankan investasimu, cukup gunakan dana darurat.

Berapa jumlah ideal Dana Darurat

Besarnya dana darurat itu 12x pengeluaran bulanan. Tapi ada juga yang pakai rumus 6x pengeluaran bulanan. Tidak ada rumus baku, disesuaikan saja dengan kemampuan ekonomi masing-masing. Yang penting jangan terlalu besar tapi juga jangan terlalu kecil. Kalau saya pribadi, pakai rumus 12x pengeluaran bulanan.

Kegunaan Dana Darurat

Dana darurat hanya bisa digunakan untuk hal-hal yang penting seperti uang masuk rumah sakit, perbaikan kendaraan, perbaikan rumah (misal atap bocor, pipa bocor), bayar sekolah anak yang sifatnya segera, biaya hidup saat kita terkena PHK. Dana darurat tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif seperti beli hp, kredit motor, DP rumah.

Karena dana darurat itu penting, usahakan setelah terpakai, segera isi kembali. Misal habis dipakai untuk bayar rumah sakit, segera sisihkan sebagian income untuk mengisi dana darurat (kalau perlu stop dulu menabung dan investasi).

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.