Tips Mengatasi Mental Block

Kalau kamu kerja di bidang dunia kreatif, pasti pernah mengalam mental block. Mental block merupakan suatu kondisi dimana pikiran kamu tidak bisa berpikir jernih seperti biasanya. Dalam kondisi ini, kamu merasa ada tembok besar yang tiba-tiba muncul di otak kamu, sehingga kamu tidak bisa melakukan progress untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, kalau kamu tidak mau berlama-lama terkena mental block,coba lakukan beberapa tips dibawah ini.

1. Menulis Bebas

Kalau kamu seorang penulis, suatu saat kamu akan jenuh dengan aturan pakem dalam dunia tulis menulis. Entah itu pemilihan kosa kata, tanda baca, EYD dll. Kalau kamu mengalami mental block seperti ini, cobalah untuk menulis bebas (free writting). Tulis apa saja yang ada di dalam pikiranmu. Menulislah sebebas-bebasnya. Tidak perlu takut dengan diksi dan aturan lainnya. Menulislah seperti kamu bebicara. Biarkan apa yang ada dalam pikiranmu mengalir keluar dalam bentuk tulisan.

2. Ganti Lingkungan

Cobalah mengganti suasa lingkungan bekerja. Kalau lingkungan kerja semrwut (cluttered) coba rapikan. Tata dengan rapi. Suasana kerja yang nyaman berpengaruh besar dalam proses kreatif.

3. Selesaikan Tugas Kecil

Ketika kamu merasa terbebani dengan tugas besar dan merasa berat untuk mulai mengerjakannya, cobalah selesaikan tugas kecil yang bisa kamu lakukan tanpa perlu berpikir berat. Misal, mencuci piring, buang sampah, menyortir email, menata buku. Dengan menyelesaikan tugas kecil ini kamu akan menumbuhkan momentum kemenangan dalam diri dan secara perlahan akan memberikan semangat untuk segera menyelesaikan tugas besar.

4. Belajar Hal Baru

Biasanya mental block muncul karena kita terlalu terpaku dengan tugas yang sedang kita kerjakan. Belajar sesuatu yang baru, yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan bisa membantu otak untuk ‘mencair’. Misal kalau kamu kerja di bidang tulis menulis, cobalah untuk belajar menggambar, atau belajar memasak. Sebagai referensi kamu bisa tonton video tutorialnya di YouTube.

5. Istirahat

Mental block bisa menjadi salah satu tanda kalau kamu perlu istirahat. Otakmu sudah ‘jenuh’ dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Cobalah untuk keluar sebentar menghirup udara segar, kamu bisa jalan kaki keliling taman, bersepeda, atau duduk santai menikmati indahnya alam.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s