Naik 200% Lebih!

Sekarang biaya bungkus ulang barang dari luar negeri (eBay) naik drastis, semula 8.000 sekarang menjadi 20.000/item. Gak peduli itu barang kecil atau besar.

Pertama saya sempat kaget dengar ini dari pak pos yang nganterin barang.

Saya: “Kok, naiknya banyak banget pak? Toh bungkus ulang nya cuma di kasih lakban”.
Pak Pos: Iya mas. Saya juga kaget, tadi udah dikomplain sama beberapa orang. Itu sudah jadi aturan baru dari bea cukai”.
Saya: “jadi untuk 4 item yang saya dapat hari ini, harus bayar biaya ulang 80 ribu?!”
Pak Pos: Iya.
Saya: -__-“

Sekarang saya mulai yakin, kalau setiap barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, meskipun harga dibawah $50, tetap di kenai pajak, cuma pakai istilah halus “bea bungkus ulang”.

FYI, Dulu tahun 2008, barang yang saya beli dengan harga dibawah $50, tidak kena biaya apapun, tidak ada yang namanya biaya bungkus ulang. Beberapa tahun kemudian, mulai kena biaya bungkus ulang 8 ribuan (tepatnya 7.800). Nah, tahun 2016, biaya bungkus ulang melonjak 200% jadi 20 ribu. Ya, kalau bungkus ulangnya bagus, lha ini cuma di kasih lakban (selotip) di bungkus yang disobek petugas bea cukai.

So, yang hobi beli barang dari ebay, jangan lupa dihitung biaya bungkus ulangnya. Apakah worth it beli barang $1 tapi kena biaya 20 ribu?!

2 thoughts on “Naik 200% Lebih!

Tinggalkan Komentar

