Belajar Mengatur Keuangan Dengan Software YNAB

Mulai hari ini, saya sedang belajar mengatur keuangan pribadi dengan bantuan software YNAB (You Need a Budget). Mengapa saya pilih software ini? Karena software YNAB sudah support auto sync via dropbox. Jadi bisa di akses dari laptop, smartphone (android dan ios), tablet secara real time.

YNAB

Software ini menggunakan metode “amplop”. Dengan metode ini, gaji yang kita terima langsung di bagi ke dalam pos-pos yang telah ditentukan. Misal pos “makan”,”belanja bulanan”,”hiburan”. Jadi, saat mau beli/belanja sesuatu kita tidak lagi lihat berapa income kita lagi. Tapi lihat dana di pos tersebut.

Karena kalau kita terbiasa lihat income saat belanja, pasti bawaannya tidak terkendali…(pengalaman pribadi hehe). Merasa masih punya uang sisa banyak. Contoh gaji 5 juta, trus kita mau beli sepatu, 1 juta. Dalam pikiran kita, ah masih sisa 4 juta masih banyak. Tapi kita lupa kalau kita harus bayar cicilan kartu kredit, bayar kost, biaya transport, uang makan 1 bulan, bayar hutang ke teman dll. Nah lho.. cukup nggak tuh sisanya?!

O ya, YNAB menggunakan 4 aturan dasar dalam mengelola uang kita.

1. Semua Gaji harus dihabiskan dalam pos-pos yang telah ditentukan. Tidak boleh sisa. “Dihabiskan” disini bukan berarti di buat beli ini itu yang konsumtif lho. Tapi dimasukkan ke dalam pos kebutuhan kita baik konsumsi, saving, cicilan, dll.

2. Selalu sisihkan dana per bulan untuk kebutuhan besar. Misal, bulan Agustus jatuh tempo bayar kontrakan sebesar 8 juta. Nah biar tidak berat, kamu harus mulai menyiapkan dari bulan jauh sebelumnya. Misal kalau dari Januari, maka perbulan income/gaji sebesar 1 juta harus masuk ke pos “kontrakan”.

3. Kalau ada pos yang over spend, kamu tidak perlu sedih. Itu wajar. Cukup ambil dari pos lainnya biar budget tetap seimbang. Misal belanja bulanan di perkirakan habis 400rb. Tapi kenyataannya habis 475rb. Nah kekurangan 75 ribu bisa kita ambil dari pos “fashion”, misalnya. Kalau pun kita tidak mau meng-adjust nya ya tidak masalah. Maka, YNAB akan otomatis menganggap kita hutan untuk budget bulan berikutnya sebesar 75ribu.

4. Gaji bulan ini untuk budget bulan depan. Biasanya kita pakai gaji bulan ini untuk kebutuhan bulan ini juga. Nah YNAB menggunakan pendekatan bahwa gaji bulan ini di pakai untuk budget bulan depan. Jadi kita sudah ada persiapan untuk bulan depan.

Harga software ini lumayan terasa dikantong, $60. Tapi kamu bisa coba trial 34 hari dulu, kalau cocok baru beli tapi kalau nggak yang dicancel saja. Semoga bulan ini cashflow bisa terkontrol dengan baik. Syukur-sukur gak sampai minus hehe.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s