Murah Menyebalkan atau Mahal Menyenangkan

Setiap orang yang ingin beli barang, biasanya cari toko yang memberikan harga murah dan pilihan banyak. Tapi, konsekuensinya toko tersebut terlalu ramai dan pelayanannya cenderang “menyebalkan”.

Pagi ini saya berencana beli kain untuk celana panjang. Karena celana yang lama sudah pudar warnanya dan sudah saatnya ganti. Datanglah saya ke toko W, salah satu toko kain terkenal di kota ini. Sesampainya di sana, saya melihat tempat parkirnya penuh. “Wah, ramai sekali”. Setelah dapat tempat parkir, akhirnya saya masuk ke dalam toko.

Benar adanya, kondisi toko ramai banget. Lorong-lorong tempat jalan penuh dengan calon pembeli. Sudah jalannya sempit, dipenuhin orang lagi. Saya merasa kesulitan untuk masuk lebih dalam. Tapi karena jenis kain yang saya inginkan ada di bagian dalam. Sayapun, terpaksa menerobos gerombolan orang di sana. Tentu dengan meminta ijin untuk lewat. “Permisi, ibu. Mau lewat sebentar”.

Sesampai di bagian dalam, tidak ada satupun pelayan toko yang kosong. Semua sibuk dengan calon konsumennya masing-masing. Sementara saya hanya menunggu kesempatan untuk menanyakan kain yang saya cari. Mau menyela untuk tanya, kok rasanya tidak sopan. Tik.. tok…tik..tok. 5 Menit berlalu, 10 menit… 15 Menit. Lha kok belum ada pelayan yang datang.

Wah, gak lucu rasanya kalau ‘mati gaya’ di toko. Merasa terabaikan sayapun melengos pergi meninggalkan toko tersebut. Buat apa harga murah kalau pembeli di cuekin. Apa karena saya salah waktu, masuk toko yang terlalu ramai?!

Tanpa banyak berpikir sayapun pergi ke toko S. Meskipun harga lebih mahal dan pilihan lebih sedikit. Tapi pelayanannya jauh lebih baik dari Toko W. Semua pertanyaan saya di jawab dengan cepat. Beberapa jenis kain juga ditawarkan untuk saya pilih. Setelah saya pikir, mungkin karena toko S tidak seramai Toko W, jadi pelayanannya lebih maksimal.

Moral story:
1. Jangan beli di toko yang terlalu ramai. Lebih baik beli dilain hari yang tidak terlalu ramai.
2. Bagi saya pelayanan toko itu nomer 1. Lebih baik mahal tapi pelayanan bagus, dari pada murah bikin jengkel.

Tinggalkan Komentar

