Indomaret vs Alfamart, Mana Yang Lebih Murah?

Setiap awal bulan saya selalu belanja kebutuhan sehari-hari di minimarket yakni Indomaret dan Alfamart. Hampir semua kebutuhan saya ~98% ada stok nya, sehingga bisa menghemat waktu tanpa perlu berpindah-pindah ke tempat lain. Tujuan pertama belanja biasanya ke Indomaret. Tapi kalau stok barang tidak ada, maka mampirlah saya ke Alfamart. Kalau tidak ada juga, ya ke toko biasa atau pasar.

Dua bulan lalu, pas ingin beli yakult di Indomaret ternyata stok lagi habis. Sehingga sayapun pergi ke Alfamart. Saat itu stok yakult di Alfamart banyak, tapi kok harganya beda ya? lebih mahal. thinking Apakah ini strategi Alfamart dengan menaikkan harga sebagian item dan menurunkan harga sebagian item lainnya. Dan kebetulan si Yakult masuk kelompok harga yang ‘dimahalkan’.

Karena penasaran hari ini saya iseng melakukan survey kecil-kecilan harga di Indomaret vs Alfamart. Untuk sampel produk, saya pilih wafer tanggo, yakult, dan sabun mandi lifebuoy. Dan hasilnya adalah sebagai berikut,

Nama Barang Indomaret Alfamart
Sabun Lifebuoy mildcare Rp 2.800 Rp 3.200
Wafet Tango Rp 11.500 Rp 12.200
Yakult (per pack) Rp 8.000 Rp 8.600
Kacang Sukro Dua Kelinci 140 gr Rp 8.100 Rp 9.000

Hmm… ternyata harga di Indomaret lebih murah dari pada alfamart. Meskipun saya punya kartu member Alfamart, tetap saja tidak ada potongan harga. Sementara di Indomaret saya tidak pakai kartu member. Apakah semua barang di Indomaret lebih murah dari Alfamart? Saya tidak tahu, karena saya belum pernah melakukan survey untuk setiap item yang dijual disana. Tapi yang jelas, Indomaret tetap jadi pilihan pertama bagi saya untuk belanja bulanan dan Alfamart pilihan ke dua.

Struk belanja Indomaret

Gambar 1. Struk belanja Indomaret

Struk Alfamart

Gambar 2. Struk Alfamart 1

Struk Alfamart 2

Gambar 3. Struk Belamja Alfamart 2

 

Advertisements

3 thoughts on “Indomaret vs Alfamart, Mana Yang Lebih Murah?

  1. Wahh saya baru tau.
    Soalnya saya dari dulu kalo belanja di alfamart mulu.
    Berarti saya sudah boros banget yah selama 2tahun terakhir ini.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s