Susahnya Belanja di Ebay

Belanja di ebay sekarang tidak se-asyik dulu. Bukan karena website ebay atau barang yang di jual di ebay. Tapi, lebih kepada proses pengiriman barang yang semakin lama dan resiko barang hilang. Memang bisa minta lebih cepat dan aman dengan menggunakan expedisi DHL ataupun EMS. Hanya saja kalau untuk barang dengan harga < $50 gak worth it pakai ekspedisi. tekor.

Biasanya untuk barang murah, saya lebih memilih pakai POS air mail yang gratis. Dulu tahun 2013, proses pengiriman masih wajar +/- 30 hari. Tapi sekarang bisa molor sampai 3 bulan!! Bahkan beberapa barang yang saya beli di ebay hilang entah kemana! Untuk barang yang sampai selalu kena biaya bungkus ulang Rp. 7.700,-. Padahal dulu tidak ada.

Kok sekarang semakin lama proses pengirimannya? Perkiraan saya barang ‘nyangkut’ di kantor bea cukai, trus masuk daftar waiting list buat pengecekan. Berhubung barang murah, bisa jadi masuk prioritas paling belakang. Ya udah pasrah…

Hm.. Apakah ini ada hubungannya dengan aturan baru bea 2014? yang semakin 'memperketat' pembelian barang dari luar neger? Dunno.

Solusi sementara, kalau beli barang secara online, saya selalu cari di toko online dalam negeri seperti FJB kaskus, Tokopedia, lazada. Kalau ada lebih baik beli di dalam negeri, meskipun harga biasanya lebih mahal dikit.

Kalau barang yang diinginkan tidak ada di dalam negeri, ya terpaksa beli di luar negeri kayak di ebay. Kalau barang butuh banget dan penting, WAJIB pakai ekspedisi! kalau gak terlalu penting boleh lah pakai pos yang gratis. Tapi anggap nothing to lose ya, soalnya bisa jadi barang itu tidak sampai atau kalau sampai bisa luaaamaaaaa bangetttt

Advertisements

2 thoughts on “Susahnya Belanja di Ebay

  1. Ya betul sekali , sy juga mengalami hal yg sama , sempat ada pemberitahuan di ebay jika penyebabnya krn pengecekan extra untuk produk semacam baterai li-poly yg mudah terbakar. Jadi memang terhambat dari negara asalnya.

  2. Betul… sama saya juga seperti itu. Awal2 pengiriman dari ebay lancar aja tapi sekarang lambatnya minta ampun bahkan barang ada yg ga nyampe entah hilang entah sengaja ga disampaikan. Tapi justru saya merasa aneh juga dg pengiriman dari ebay bisa lambat karena sy juga aktif belanja di tinydeal.com dan pengiriman dari tinydeal 2x jauh lebih cepat dari ebay dan semua barang yg dipesan nyampe semua ga pernah ada yg hilang. Padahal kan sama2 dari luar negeri. Seperti ada kesengajaan setiap pengiriman dari ebay diperlambat. Berbeda dg tinydeal yg cepat sampai ditujuan.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s