Perjalanan Hidup si Kaya

Ada yang lucu dari perjalanan hidup si kaya. Dia bekerja keras dengan sekuat tenaga dan pikiran. Banyak waktu yang tersita untuk membesarkan bisnisnya. Tiap hari sibuk rapat dan ekspansi bisnis.

Ketika usahanya besar, pundi-pundi kekayaannya pun semakin bertambah. Rumah dan mobil mewah bisa terbeli dengan mudah. TAPI, tahukah kamu siapa yang menikmati itu semua? apakah si kaya? Hmm .. belum tentu. Bisa jadi yang menikmati rumah mewahnya adalah pembantunya. Karena si kaya jarang pulang ke rumah.

Seiring perjalanan waktu usaha si kaya semakin berkembang. Semakin sibuklah dia. Tidak ada lagi waktu buat anak dan istrinya. Seringkali kali dia beralsan “Mumpung masih mudah harus bekerja keras, biar tua bisa menikmati hidup tanpa perlu dipusingkan oleh mencari uang untuk hidup. Saya harus bisa financial freedom“.

Namun, kenyataannya adalah dia tidak mengejar kesuksesan tapi dia telah jadi budak harta. Dia bekerja keras siang dan malam. Tidak peduli lagi dengan kesehatannaya, sering stress, kurang tidur. Demi menumpuk harga untuk tujuan semu “financial freedom”.

Dan akhirnya pada hari tuanya, dia berhasil mencapai level “financial freedom”. Tapi dia tidak bisa menikmati itu semua. Karena fisiknya sudah rapuh dan tekanan stress terus menerus membuat dia jatuh sakit dan terbaring di tempat tidur. Harta yang banyak tidak bisa lagi dia nikmati.

Kasihan.

Moral story
Kawan, jangan terlalu terobsesi dengan menumpuk harta. Tapi nikmatilah perjalanan hidupmu. Fokus pada proses bukan pada tujuan. Bekerjalah dengan baik dan jaga kesehatan. Carilah harta secukupnya, jangan berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidak baik pada akhirnya. Hiduplah sederhana. Karena orang kaya sejati adalah orang yang merasa cukup dalam hidup ini. Bukan mereka yang memiliki harta berlimpah.

Dan ingatlah dengan kehidupan akhirat yang kekal selamanya. Sudah kah kamu siapkan bekal untuk hidup disana? Sudah kah kamu “berinvestasi” untuk akhirat mu?

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s