Kecepatan Lambat dan Hanya Bisa Buka Google?

Kemarin internet telkom speedy saya bermsalah lagi. Kalau kasus sebelumnya berkutat seputar modem rusak atau jaringan trouble, maka kejadian kemarin cukup bikin pusing.

Cerita berawal ketika saya asyik browsing dan streaming video youtube. Biasanya kalau pakai paket speedy yang 1mbps tidak buffer di video youtube selama kualitas video di set 360p. Tapi setelah 30 menit streaming, kok video yang sedang di play jadi putus-putus. Buffer terus. Hmm.. pasti ada yang tidak beres nih.

Kemudian saya coba cek dengan speedtest.net, dan benar saja, kecepatan download nya turun drastis jadi 200kbps tidak lagi 1 mbps. Sementara kecepatan upload masih normal 250kbps. Wah kok drop begini? apakah komputer saya kena virus yang bikin kecepatan turun?

Saya pun melakukan cek and ricek dengan browsing pakai Linux. Hasilnya masih sama, kecepatan download masih lambat. cek jaringan telpon bersih tidak ada noise. Ganti modem yang masih bagus juga hasilnya sama. Coba ganti DNS juga tidak menyelesaikan masalah. Karena sudah sore, saya tunda dulu untuk telpon 147.

Pada malam harinya, saya minta bantuan 147 untuk mengecek apakah ada gangguan jaringan speedy di lokasi saya. Petugas bilang tidak ada. Apakah status paket internet saya masih 1mbps? ia bilang masih tetap 1mbps di server pusat. Lalu seperti biasanya, petugas speedy 147 minta saya untuk mematikan modem untuk refresh jaringan.

Setelah menunggu beberapa menit, modem saya nyalakan lagi. Dan langsung saya buka speedtest.net. Hasil cek tes kecepatan masih sama, download speed 200kbps, dan upload ~ 250kbps. 😦 Karena tidak bisa menemukan solusinya, sayapun pasrah menunggu petugas speedy datang ke rumah.

Hanya bisa buka Google

Pagi hari setelah sholat subuh, saya coba cek lagi kondisi internet telkom speedy. Siapa tahu sudah normal kembali. Setelah buka browser, saya coba test lagi dengan masuk website speedtest.net. Alangkah terkejutnya saya, karena si firefox tidak bisa mengakses speedtest.net tapi buka google.com masih bisa?

Saya coba test ping ke google dan website kompas.com. Hasilnya sungguh aneh. Time reply ping google ~ 50ms sementara kompas.com 390ms. Saya coba lagi buka website lain seperti detik.com, gsmarena.com dll tetap tidak bisa! Aneh! Masa kompas.com di blokir?

Tes Pakai VPN

Saya baru ingat kalau saya ada program VPN Cyberghost. Dulu install software ini karena sebel dengna script inject cfs.u-ad.info dari telkomspeedy (kapan-kapan saya akan buat tulisan sendiri tentang script inject speedy dan VPN). Setelah connect dengan VPN dan dapat server Romania, saya langsung tes browsing ke website kompas.com dan berhasil terakses. Cek kecepatan internet di speedtest.net juga normal, download 1mbps – upload 250kbps. Ketika VPN saya diconnect dan browsing biasa pakai jaringan speedy. Kembali website-website selain google tidak bisa di akses.

Saya mulai curiga kalau yang bikin error adalah script inject cfs.u-ad.info dari telkomspeedy. Mengapa saya bisa ambil kesimpulan seperti itu? Karena dengan memakai VPN, script menyebalkan itu tidak terload (pas cek dengan firebug) dan bisa browsing dengan lancar. Dan saya baru ingat kalau kita akses website dengan awalan https:// seperti di google.com maka script inject dari telkom itu juga tidak terload.

Hmm… mungkin server script cfs.u-ad.info yang jadi biang kerok browsing jadi lambat dan tidak bisa buka website. Berhubung masalah di sisi telkom, ya saya hanya bisa menunggu perbaikan dari sana.

Setelah sabar menunggu, tepat pukul 08.00 internet speedy sudah normal kembali. Mungkin sudah ada perbaikan di server cfs.u-ad.info???

Cerita lain tentang si sapidi
Lampu ADSL Menyala, Tapi Internet Mati
Kecepatan Speedy Menurun, Tidak lagi 1mbps
Telkomspeedyku Balik Ke 1mbps Lagi
Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak
Lampu ADSL mati

Tinggalkan Komentar

