Target Hidup

Pernahkah kamu punya resolusi tahunan? ingin jadi orang yang lebih baik, ingin rajin olah raga, ingin belajar lebih baik, ingin beli ini dan itu dst. Tapi seringkali kamu gagal dan hanya semangat melakukan perubahan di awal-awal saja? Kalau iya, kamu tidak sendiri. Saya juga pernah merasakannya. Punya goal tahunan tapi sering tidak tercapai. Apa yang salah?

suksesAda beberapa hal yang harus kamu lakukan agar target hidup kamu bisa berhasil, diantaranya:

1. Sedikit lebih baik

Terlalu banyak tujuan yang ingin dicapai hanya akan membuat konsentrasi dan energimu terpecah. Kamu akan kesulitan untuk mencapainya dan berpeluang lebih besar kepada kegagalan. Cobalah perkecil target mu. Untuk tahun ini, coba dengan 1 target. Kalau berhasil, baru 2 target untuk tahun berikutnya. Percayalah fokus pada satu tujuan itu jauh lebih baik daripada banyak.

2. Lakukan perubaha kecil

Setiap membuat target tahunan sering kali kita menargetkan hal-hal yang muluk-muluk. Ingin punya rumah, ingin naik jabatan, ingin punya mobil baru dll. Tidak salah memang kalau kamu punya impian setinggi langit. TAPI, kalau sebelumnya kamu sering gagal memenuhi target tahunan mu, lebih baik fokus pada target yang sederhana tapi bermanfaat misal. rutin jalan kaki setiap hari selama 10 menit, lebih rajin menabung 1/3 pendapatan, belajar bersyukur setiap hari dll. Perubahan-perubahan kecil ini kalau dilakukan secara terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan bagus yang bisa mengubah hidupmu.
Setelah kamu sukses dengan perubahan kecil, silakan buat resolusi besar tahun berikutnya.

3. Fokus pada proses

Kita terlalu sering memikirkan tujuan akhir / target tahunan kita. Tapi, lupa menyusun strategi bagaiman cara untuk menggapainya. Terlalu fokus pada hasil hanya akan membuat kita down ketika gagal. Yang harus kamu lakukan adalah fokuslah pada proses. Buat proses untuk mencapainya sesederhana mungkin jangan dibuat ribet.

Misal, kamu ingin hidup lebih sehat. Banyak cara untuk mencapainya kamu bisa nge-gym, lari pagi, sepakbola, jalan kaki dll. Agar lebih mudah untuk berhasil, pilihlah cara yang sederhana dan mudah dilakukan, namun tetap mampu mengantarkanmu untuk mencapai tujuan misal jalan kaki.

Ketika kamu gagal dalam melakukan proses, jangan berhenti. Tetap bangkit dan lakukan lagi. Percayalah, lambat laun kamu akan mendapatkan kesuksesanmu.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s