Lampu ADSL Menyala, Tapi Internet Mati

Kemarin koneksi speedy saya bermasalah lagi. Kalau dulu masalah modem dan jaringan. Kali ini gantian masalah DSLAM. Ciri dari masalah kali ini adalah lampu LED di modem menyala semua kecuali lampu LED internet (data).

Untuk memastikan kalau jaringan line telpon tidak ada masalah, saya test telpon ke 147. Suara telpon bersih tidak ada bunyi kresek kresek. Hmm berarti kabel jaringan tidak ada masalah. Ketika bicara dengan petugas 147, saya sampaikan masalah saya kalau internet speedy tidak bisa dipakai untuk browsing. Sesuai SOP 147, maka saya disuruh matikan modem untuk reset jaringan dari kantor 147.

Setelah beberapa saat menunggu, ternyata tidak ada hasil. Masih tidak bisa internet-an dan hanya lampu dsl yang nyala sementara lampu led internet mati. Petugas 147 pun membuat laporan agar di tindak lanjuti inspeksi lapangan oleh petugas telkom di kota saya.

Saya telpon 147 pada jam 10.00, dan sore hari nya (jam 16.00) petugas telkom sudah datang. Wah.. sudah ada perbaikan pelayanan rupanya. Dulu kalau komplain ke 147, petugas lapangan baru datang 2-3 hari kemudian. Sekarang sudah ada perubahan. Lebih cepat.

Saya: “Pak, kok gak bisa connect internet ya speedynya, padahal led DSL sudah menyala. Saya juga sudah pastiin kalau nomer speedy untuk login dan passwordnya sudah benar di settingan modem.”

Petugas: “Oh, hari ini juga banyak yang bermasalah, Mas. Kasusnya juga sama, LED dsl menyala tapi tidak bisa di pakai browsing. Teman saya di kantor sedang mengecek DSLAM nya. Kayaknya itu masalah nya”

Berhubung tidak ada yang bisa dilakukan di sisi pelanggan. Maka petugas telkom tersebut balik ke Kantor, sambil berpesan,

Petugas: “Sekarang sedang di perbaiki di DSLAM nya, mudah-mudahan nanti malam atau besok pagi sudah bisa. Ini saya kasih no hp saya. Kalau besok masih belum bisa, saya akan datang lagi.”

Saya: “Ok deh pak, semoga cepat beres. Repot juga kalau tidak bisa online”

Dan benar saja, setelah DSLM di kantor telkom beres, pada malam hari lampu LED internet di modem saya mulai berkedip-kedip. Wah, kayaknya internet speedy sudah bisa dipakai. Sayapun langsung test browsing dan bisa. 🙂

Kesimpulannya, kalau speedy kamu bermasalah dengan ciri-ciri Lampu LED DSL di modem menyala terang (tidak berkedipt), tapi tidak bisa connect ke internet maka masalahnya ada di DSLAM telkom. Telpon 147, dan tunggu perbaikan dari petugas telkom di DSLAM nya.

Cerita lain tentang si sapidi
Kecepatan Speedy Menurun, Tidak lagi 1mbps
Telkomspeedyku Balik Ke 1mbps Lagi
Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak
Lampu ADSL mati

Tinggalkan Komentar

