Aktivasi Internet Banking BRI

Sudah lama saya tidak melakukan transaksi dengan rekening BRI. Terakhir kalau tidak salah pertengahan 2012. Bahkan kartu ATM saya sudah mati sejak Februari 2013 hehe. Mengapa saya jarang pakai BRI? karena banyak toko online yang hanya menyediakan pembayaran via BCA atau mandiri. Sehingga sayapun lebih sering pakai rekening bank mandiri untuk transaksi. Sedangkan si BRI saya biarkan ‘mati suri’ 🙂

Namun, hari ini saya mampir ke cabang BRI di kota. Karena saya ingin ganti kartu ATM dan aktivasi internet banking. Ya, sekarang BRI sudah menyediakan layanan Internet banking. Kl dulu hanya SMS banking untuk layanan onlinenya. Dengan adanya inet banking, proses transaksi antar bank akan lebih mudah. Tidak perlu repot antri lama di bank. Cukup buka laptop, akses ke alamat https://ib.bri.co.id/, login, dan lakukan transaksi. DONE.

internet banking BRI

Kalau di lihat dari menu website nya ada tiga jenis layanan transfer Transfer Dalam Bank, Transfer Ke Bank Lain, dan RTGS. Saya belum tahu pasti apakah “Transfer Ke Bank Lain” itu mirip ATM bersama (real time) atau pakai sistem kliring. Kapan-kapan saya akan mencobanya.

Bagaimana cara daftar Internet Banking BRI?

Caranya cukup mudah. Saya hanya perlu datang ke kantor cabang BRI sambil bawa kartu ATM, buku tabungan, dan KTP. Pertama kita disuruh isi formulir permintaan fasilitas internet banking. Setelah itu CS BRI akan membuat kan akun inet banking dengan username nama+tahun lahir. Sayang, usernamenya tidak bisa kita pilih sendiri dan tidak bisa diubah. Lalu kita disuruh masukin dummy password yang bisa kita ubah nantinya.

Petugas bank juga akan meminta no HP kita yang akan digunakan untuk menerima kode aktivasi dan m-token dari BRI. Sayang tidak pakai model dongle seperti mandiri/bca. Dan yang kurang enaknya adalah, setiap kita request m-token kita akan di kenai biaya Rp. 1000, untuk biaya penerimaan SMS. 😦 Kalau tidak mau terkena biaya tambahan 1000 kita disuruh pakai mobile app yang bisa di unduh di play store (android) atau di apple app store (iOS).

Setelah aktivasi dengan kode yang terkirim ke HP kita, maka kita bisa langsung login di https://ib.bri.co.id/ dan ganti dengan password baru (kombinasi huruf dan angka, minimal 8)

Tampilan Website Internet banking BRI

Kalau menurut saya, tampilan internet banking BRI cukup simple dan mudah digunakan. Mirip dengan internet banking Mandiri. Mungkin saya belum bisa cerita banyak, lha wong baru daftar doang. Belum melakukan transaksi hehe.. Tapi kalau kamu penasaran, bisa coba lihat website demo nya disini.

Tinggalkan Komentar

