Hati-Hati Pasang No HP di Internet

Dulu saya pernah melakukan ‘kesalahan’ kecil dengan memasang nomer HP di internet. Saat itu saya sedang mengiklankan sebuah jasa mirip kursus. Untuk memudahkan komunikasi, saya pasang no HP pribadi. Belum kepikiran pakai nomer baru khusus bisnis. Setelah pasang iklan, mulai ada beberapa klien yang menghubungi saya dan akhirnya ikut kursus. Tidak ada masalah.

cell-phone-number

Beberapa tahun kemudian, saya ada usaha baru dan saya tutup layanan jasa itu. Tak berapa lama ada orang yang menghubungi saya. Kali ini ia tidak tanya-tanya soal kursus, tapi mau menawarkan investasi forex. Sayapun menolak tawaran itu karena memang tidak minat. Beberapa hari berselang, ada lagi yang telpon nawarin diskon menginap di sebuah hotel mewah di jakarta. Setelah itu ada juga yang menawarkan kartu kredit. Semua saya tolak.

Saya heran kok mereka bisa tahu nomer saya?

Suatu ketika ada telemarketing yang telpon lagi. Ia mengajak ketemuan untuk bicara bisnis investasi. Saya sudah bisa duga kalau itu pastilah forex. Setelah tanya2 si dia, ia mengiyakan kalau itu memang bisnis forex. Pada kesempatan itu saya coba korek info dari dia.

“Kok, mbak nya bisa tahu no telpon saya? Dari siapa?”
“Sudah ada di database kami pak”, jelas si telemarketing.

Nomer saya sudah ada di dalam database mereka? memang kapan saya pernah ikut program mereka?

Saya mulai berpikir, kapan saya pernah publikasikan nomer hp saya. Dan saya baru sadar kalau saya pernah pasang nomer handphone pribadi ini di internet! Langsung saya login di website iklan gratis dan hapus iklan kursus saya yang dulu. Tapi sayang nomer HP saya sudah masuk database para telemarketing. Alhasil masih ada telemarketing yang hubungi saya buat nawarin investasi, kartu kredit, promo tiket hotel dll. hiks 😦

Moral story: Jangan pernah pasang no hp pribadi di internet. Gunakan nomer lain!

Tinggalkan Komentar

