Setor SPT Pribadi

Hari ini saya memilih untuk menyerahkan SPT 2013 lebih awal, biar gak terlalu antri. Dan memang benar adanya, ketika saya datang baru ada 1 orang yang di layani Account Officer. Sepi. Beda banget dengan tahun kemarin. Saya menyerahkan SPT pada bulan Maret, banyak banget yang antri.

Karena ada meja yang kosong, maka saya langsung dipersilakan duduk. Saya serahkan SPT 2013. Kemudian petugas langsung cek apakah isian SPT 1770 saya sudah benar atau belum.

Berhubung ini SPT kedua, jadi saya tidak terlalu kesulitan untuk mengisinya. Tipsnya isi form SPT itu “mulailah dari isi blangko paling belakang, trus ke halaman depan”.

Apakah ada peningkatan pajak yang saya setorkan? Jawabannya masih sama seperti SPT tahun lalu, NIHIL. Lha wong.. pendapatan masih kecil. Masih jauh di bawah PTKP TK0 (24 juta-an).

Setelah memastikan kalau isian sudah benar, petugas pajak pun langsung mencetak bukti setoran SPT 2013. Semua proses tidak lebih dari 10 menit. Cepat kan? winking

6 thoughts on “Setor SPT Pribadi

  1. Pak mau tanya bapak kan masih dibawah ptkp

    Ada pengurangan gak di 1721 a nya ? Semisal biaya jabatan gitu

    Saya gaji 2 jt sebulan pak jd total cuma 24 jt

    Bagaimana jika saya ini cuma bekerja lepasan dan kantor tidak ada biaya pensiun atau jabatan ? Apakah pengurangan 0 ?

    Pajak saya nihil kah ?

    Saya TK 0 juga

    Terima kasih banyak pak

    Mohon jawabannya ?

    Oh ya bapak tidak melaporkan bukti potong kan ? Kan spt 1770 ss kali ini tdk perlu melaporkan bukpot

    • Selama penghasilan 1 thn dibawah ptkp maka pajak nol. Saya seorang pekerja lepas, tidak punya bukti potongan atau biaya jabatan. Penghitungan saya hanya pakai norma.
      tarif pajak = 5%*((50% * bruto 1thn) – ptkp)
      Note: 50% = norma pekerjaan saya.
      Untuk detil bisa cek disini cara isi formulirnya.

      • serem gak sih pak lapor spt nihil tanpa bukti potong ?

        ntar dikria kita boong lagi, serem kan, saya diatas ptkp 2 tahun ini baru taun kemaren drop dibawah ptkp karena sempat berhenti kerja

      • Kalo masalah bukti potong, saya kurang tahu. Tapi kalo ada penurunan pajak pasti akan di tanyakan penyebabnya. Di jelaskan saja apa adanya. Tidak usah takut.

      • memangnya pasti ditanya ya pak kalau misalnya penghasilan kita turun dan setoran pajak kita turun ? soalnya seperti saya ini, gaji 3 jt dari apr-des 2012 kan total 30 jt di atas ptkp, lalu berhenti di mar 2013. Nah gaji jan-maret cuma 3 x 3 = 9 jt yang berarti dibawah ptkp, saya jadi serem

Tinggalkan Komentar

