Kombinasi Antivirus dan Firewall Terbaik

Selama ‘bergelut’ dengan dunia komputer sejak 2002, saya sering gonta-ganti antivirus. Dulu sebelum tahun 2008, saya hanya pakai antivirus AVG saja. Firewall belum di instal karena komputer masih offline. Alasan milih AVG karena teman2 banyak yang pakai AVG dan katanya bagus, jadi ikutan pakai..hehe.

Setelah kena virus ‘berontok’, saya mulai tidak percaya lagi dengan AVG. Lalu gantilah dengan Antivirus Norton. Tampilan user interfacenya bagus, dan kelihatannya tangguh. Tapi tidak bertahan lama, saya ganti ke antivirus McAfee. Alasannya, norton butuh resource besar, bikin komputer jadi lambat. McAfee pernah bertengger di komputer kesayangan cukup lama.

Mulai tahun 2007, saya mulai pasang firewall zone alarm, karena komputer sudah terkoneksi ke internet. Namun naas tidak dapat di tolak, komputer terkena virus lagi, saya lupa namanya. Tapi, banyak file word yang corrupt. Setelah re-format, saya pun mulai ganti antivirus dan firewall. Saya coba NOD32 untuk antivirusnya dan Comodo sebagai firewall nya. Dan, Alhamdulillah sampai sekarang komputer aman dari serangan virus dan malware.

Kenapa saya pilih NOD32? karena selain tangguh, NOD 32 juga butuh resource kecil dan bisa berdampingan dengan antivirus lokal SMADAV. Sementara firewall Comodo memberikan proteksi ganda ‘Firewall Security’ dan ‘Defense+ Security’. Firewall Comodo berlisensi FREE (freeware) sementara NOD32 berbayar.

So, kombinasi Antivirus dan Firewall Terbaik menurut saya adalah ESET NOD32 antivirus dan Comodo Firewall. Bagaimana dengan kamu?

Tinggalkan Komentar

