Internet Banking: BNI vs Mandiri

Saya sering menggunakan internet banking untuk keperluan transaksi online, baik bayar tagihan ataupun belanja online. Selain cepat juga bisa menghemat waktu karena tidak harus antri di bank ataupun atm. Ada dua bank yang jadi pilihan saya untuk bertransaksi online, yang pertama adalah Bank Mandiri dan satunya Bank BNI. Kok nggak ada BCA? Iya BCA tidak punya, karena saya pernah kecewa dengan BCA.

Berdasarkan pengalaman saya, fasilitas internet banking Bank Mandiri lebih enak di bandingkan dengan BNI. Pertama, interface website bank mandiri simple dan mudah di gunakan. Kamu bisa dengan mudah menelusuri menu dengan cepat dengan melihat link di sidebar kiri, meskipun kamu baru pertama kali masuk ke websitenya. Berbeda sekali dengan website inet banking BNI. Membingungkan! teruma setelah BNI ‘merenovasi’ website inet bankingnya. Ada tampilan beranda pakai widget. Idenya bagus, cuma sayang widget yang berguna cuma widget saldo tabungan. Sementara widget info email dan widget Berita dan Hobi, masih kosong melompong, tidak jelas fungsinya.

fungsi widget bni apa

Masih soal interface. Saat kita ingin transfer antar bank online di Mandiri inet banking, cukup klik menu Transfer > Antar bank Online > trus pilih rekening, isi nominal, bank tujuan. Dan klik lanjutkan untuk mengisi kode token.

transfer antar bank mandiriSementara kalau pakai internet banking BNI. Pertama klik Transfer > Transfer online antar Bank. Kemudia pilih Rekening sumber dan pilih bank tujuan. Nah di bagian pilih Bank Tujuan ini yang kurang enak. Untuk mencari kode Bank tujuan harus klik menu Cari. Mengapa tidak pakai model drop down seperti di bank mandiri. Kan simple tinggal satu kali klik. Dan satu lagi yang bikin bingung, kode bank BCA tidak ada di inet banking BNI. Saya tidak tahu apakah BNI tidak bisa Transfer Online (non kliring dan RTGS) ke BCA?

Tidak ada pilihan BCAKedua, website internet banking BNI sering banget gangguan, terutama pas jam kerja. *Mungkin servernya overload. Kenapa tidak ditambah server dan bandwidth nya, biar nasabah lebih nyaman. Meskipun banyak kekurangan, ada satu kelebihan BNI dibanding Bank Mandiri dalam hal internet banking, yakni token BNI lebih enak dibanding Mandiri. Setiap kita memasukan challenge code di token BNI, maka otomatis akan muncul nomer jawaban. Beda dengan token Mandiri, setelah input challenge code kita harus tekan tombol merah agak lama di token untuk memunculkan nomer jawaban. Sayangnya, tombol merah ini kalau di tekan sebentar akan menghapus digit terakhir challenge code yang kita masukkan. Seringkali, saya harus mengisi ulang digit terakhir karena terhapus ketika memencet tombol merah.

Advertisements

4 thoughts on “Internet Banking: BNI vs Mandiri

  1. waahh.. artikelnya bagus.. namun sebagai nasabah bank BNI saya agak sedikit tersinggung dengan artikel tersebut diatas, memang interface BNI sedikit membingungkan bagi pemula, namun tampilan BNI internet banking via smartphone sangat simple dan memudahkan kok, coba aja deh. download dulu aplikasinya di play store. ^_^

    Untuk transfer dari BNI ke BCA lewat internet banking bisa kok 🙂 namun Bank BCA ada pada pilihan transfer RTGS dan transfer kliring. Jadi ga bisa langsung nyampe. Uang transfernya baru nyampe keesokan harinya, tapi gpp kan?? toh juga sehari, yang penting ada di menu BNI internet banking, jadi ga perlu repot-repot ke ATM.

  2. Ya, interface ibanking BNI versi mobile memang simple. Tapi saya lebih sering transaksi via desktop. Alangkah baiknya kalau versi web juga dibuat user friendly. Saya lebih suka interface yang sederhana tapi user friendly, dari pada yang desainnya bagus tapi membingungkan.

    Hmm… menurut berita disini : http://www.merdeka.com/uang/sudah-akur-nasabah-bni-kini-bisa-lakukan-transfer-ke-bca.html, BNI dan BCA ‘sudah akur’. Tapi kok belum bisa transfer online real time seperti mandir ke BCA ya?

  3. Pakai token bca juga sama seperti bank bni, langsung otomatis keluar nomer jawaban. Saya pakai mandiri dan bca. Sama-sama mudah dan cepat.

  4. tranfer bni ke mandiri lewat atm bermasalah..mas kirim kemarin siangsampai hari ini saldo penerima dr bank mandiri belum juga menerima????payah bikin lambat kerja…

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s