LCD Laptop Baru yang Mengecewakan

Kemarin saya mengganti LCD laptop yang lama dengan yang baru. Karena LCD lama sudah mulai bermasalah, muncul garis biru dan pojok bawah layar terlihat warna putih yang berlebihan (over brightness). Setelah muter kesana-kemari, akhirnya dapat LCD laptop tipe LED dengan harga 500rb-an. Penjual bilang, ini barang bagus merek samsung.Saya percaya saja apa kata penjual, karena ada garansi 2 bulan kalau LCD cacat.

Setelah barang sampai dirumah, langsung di pasang di laptop. Ketika laptop dinyalain, langsung muncul windows dan layar terlihat bersih. Tidak ada dead pixel. Syukurlah, tidak ada masalah. Berhubung sudah sore dan ada keperluan, laptop langsung saya matikan.

Keesokan harinya, ketika browsing saya merasakan ada hal yang aneh dengan LCD baru. Warnanya terlalu warm dan kurang brightness dengan setting default. Lalu saya coba setting di pengaturan warna lewat NVIDIA panel. Saya turunkan nilai Red dan Green, kemudian saya naikkan warna Blue nya biar sedikit cold. Saya juga coba atur di bagian gamma dan brightness nya, namun masih saja ada yang aneh dengan warna yang di tampilkan LCD baru ini. RGB nya tidak natural dan cenderung pudar. Dulu, waktu pakai LCD lama (bawaan laptop) tidak perlu setting konfigurasi warna. Instal driver VGA, udah langsung jalan normal tampilan warna RGB di Layar.

Biar yakin, saya coba gambar kotak berwarna merah (#ff0000) di HP, trus upload gambarnya ke email. Setelah itu, saya coba buka gambar tersebut di browser laptop dan coba bandingkan warnanya dengan yang di HP. Ternyata warna merah berbeda dengan yang di HP. Yang di buka di browser, jadi merah pudar. Ketika gambar tersebut saya buka dengan aplikasi image viewer bawan windows, hasilnya juga sama – Merah pudar. Untuk pembanding, saya nyalakan PC dan buka gambar tadi di monitor LCD samsung. Dan sesuai dugaan saya, gambar kotak merah bisa ditampilkan dengan tepat oleh monitor PC.

Kesimpulan saya, ternyata LCD baru ini tidak bisa menampilkan warna RGB dengan wajar. Meskipun sudah di kalibrasi via software NVIDI maupun control panel windows, hasilnya tetap tidak bisa menampilkan warna RGB dengan natural. Yah… nasib, dapat LCD ‘kualitas KW’ :( . Mau klaim garansi juga bingung, karena LCD ini bisa nyala dan tidak ada dead pixel. Hanya tampilan warnanya saja yang tidak natural. Toh, kalau mau minta ganti, kemungkinana bakal dapat LCD kualitas sama. Karena saya masih sayang dengan mata, terpaksa LCD baru saya copot dan ganti dengan LCD lama.

Tinggalkan Komentar

