Informasi Berlebihan Itu Tidak Baik

Internet memang sangat membantu hidup manusia jaman sekarang. Mo cari info apa saja, tinggal googling. Dari topik yang ringan sampai yang berat bisa di cari di Internet. Begitu mudahnya manusia mendapatkan informasi bisa menimbulkan efek negatif, yakni berlebihan menyerap informasi (overwhelming).

Itulah yang terjadi pada saya akhir-akhir ini. Terlalu banyak mengkonsumsi informas membuat pikiran terasa full. Mana banyak informasi yang kontradiktif. Misalnya, ada informasi makanan A tidak menyehatkan, beberapa hari kemudian muncul informasi makanan A menyehatkan. Baca berita dalam negeri juga begitu. Banyak fakta yang di kaburkan sementara banyak opini di buat seolah-olah jadi fakta.

Hm…Mungkin sudah saatnya bagi saya dan kamu untuk mulai memfilter sumber informasi. Ambil secukupnya. Hindari meng-konsumsi berita sampah kayak gosip, provokasi, politik praktis dll. Lebih baik cari info bagaimana meningkatkan skill pribadi, bagaimana membuat lingkungan kita jadi lebih baik, dan info positif lainnya. Kalau dulu tanpa internet kita bisa kreatif dan produktif, maka sudah sepantasnya kalau kehadiran internet membuat kita jadi pribadi yang lebih baik dan lebih berprestasi.

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s