Lampu ADSL Mati

Kemarin speedyku bermasalah lagi. Saat streaming youtube, tiba2 lampu ADSL nge-blink dan koneksi terputus. Wah.. speedynya kumat lagi, pikirku. Karena sudah bolak balik bermasalah dengan speedy, jadi saya hafal apa yang ‘rusak’. Kalau ADSL nge-blink biasanya jaringan kabel telpon ada masalah. Tanpa pikir panjang, langsung angkat telpon dan dengarkan nadanya. Ternyata tidak bersih dan ada bunyi noise, kresek kresek.

Langsung telpon 147 bagian keluhan telephony dan petugasnya pun datang pada sore harinya. Saya akui, kalau pelayanan telkom bagian telephony termasuk cepat. Pagi telpon, siang atau sore langsung datang petugasnya. Sangat berbeda jauh dengan petugas Telkomspeedy. Lapor hari ini, 3 hari kemudian petugas baru datang #capekdeh.

Balik lagi ke persoalan. Setelah di cek petugas telpon, dia mengiyakan kalau ada gangguan di kabel telponnya. Kemudian dia langsung cek di bagian terminal telpon tiang depan rumah. Setelah menunggu 1 jam-an (ada kabel yang harus di ganti). Petugas bilang kalau line telpon udah bagus. Dan memang benar, waktu saya cek tone di telpon sudah bersih. Berhubung sore ada keperluan, tes internetnya tidak saya lakukan.

Keesokan harinya, saya ingin mencoba apakah internet speedy saya sudah benar2 normal kembali. Setelah nyalakan laptop, hidupkan modem dan menunggu beberapa saat, kok internetnya tidak bisa. Lihat lampu ADSL di modem tidak menyala. Hanya led power dan LAN yang nyala, lainnya mati. Wah, apalagi masalahnya? Apakah kabel telepon gangguan lagi? saya pun cek nada tone di telpon. Hasilnya jernih tidak ada noise. Berarti jaringan telpon bagus. Apakah modem saya rusak? Test ping ke modem via CMD normal. Lalu saya re-start modem dan setting ulang. Tetap nggak bisa. Lampu ADSL masih mati dan tidak bisa internetan.

Biar yakin, saya pun ambil modem cadangan untuk tes speedy. Tidak hanya modem, kabel utp dari splitter saya lepas, ganti baru bawaan modem. Untuk mengisolir masalah, splitter saya lepas dan kabel UTP ke modem langsung dipasang ke socket telpon rumah. Setelah modem di setting, tetep tidak bisa. Lampu ADSL masih mati. Untuk memastikan Laptop tidak ada masalah, saya colokkan modem broadband axis. Dan masih bisa lancar untuk internetan, berarti laptop normal.

Karena kehabisan clue, saya pun telpon 147 bagian telkom speedy. Operatornya bilang kalau jaringan speedy di kota saya tidak ada masalah normal2 saja. Si operator bilang kalau led ADSL mati, itu karena ada masalah di line telponnya. Ia pun menyuruh saya untuk menghubungi 147 bagian telponi, untuk cek line telpon. Akhirnya, saya hubungi petugas line telpon via 147. Tak berapa lama, petugaspun datang. Orang yang sama dengan yang kemarin. “Rusak lagi ya mas?” tanya petugas. “Iya pak, nggak bisa buat internetan”, jawabku.

Petugaspun cek kabel telpon di rumah. “Jaringan bagus, tidak ada noise”, kata petugas. Dia pun telpon temannya di telkom cabang kota. Untuk tes internet di modem kantor telkom. Setelah menunggu beberapa saat, temannya mengabarkan kalau tidak ada masalah jaringan internet di kota ini. Wah.. jangan2 modem saya yang trouble. Tapi, kok dua-duanya bisa bermasalah bersamaan.

“Coba saya cek di terminal telpon depan”, kata petugas. Ketika si petugas cek di bagian terminal di tiang listrik. Saya pun cek ulang dengan coba reset modem, siapa tahu bisa. Setelah reset tetep tidak bisa. Hampir putus asa, saya hanya bisa diam. “Masa beli modem lagi?” pikir saya.

Tiba-tiba lampu adsl ngeblink dan nyala. Saya hampir tidak percaya, kok tiba-tiba bisa nyala! saya pun tes connect ke speedy dan bisa internetan lagi. Wah, ajaib! tak berapa lama petugas telkom datang.

“Udah bisa mas?” tanyanya.
“Udah pak, kok tiba 2 bisa nyala lagi apa ada yang bermasalah di bagian terminal telpon?”
“Iya mas, kemarin ada kesalahan pasang line telpon di teminal, yang nyambung ke telpon mas bukan nomer mas tapi tetangga sebelah
“Hah…! pantas nggak bisa nyambung, lha wong pakai line telpon tetangga yang tidak berlanggana speedy. Mo ganti berapa modem pun pasti tidak bakalan bisa.”

Jadi, kalau lampu ADSL modem MATI/ tidak nge-blink. Kemungkinan error di line telpon, bisa karena terputus. Tapi, kalau cek tone telpon bagus tidak ada noise. Bisa jadi, ada kesalahan pemasangan jalur seperti yang saya alami.

Cerita lain tentang si sapidi
Kecepatan Speedy Menurun, Tidak lagi 1mbps
Telkomspeedyku Balik Ke 1mbps Lagi
Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak

12 thoughts on “Lampu ADSL Mati

  1. ini saya lagi ngalamin seprti agan,udah tlp sapidy,udah di setting ulang bbrapa kali,ganti kabel, sama saja tidak ada perubahan.., tapi petugasnya belum datang sih.jadi ya belum tau ap penyebabnya?..kalau suara telponya jernih sekali li li li.,seperti suaranya miyabi.wkkkkkkkk.

  2. anjrit banget nih speedy g da bayar mahal2 350 per bulan smpe skrng ud 8 hari gk ada petugas yang datang dengan masalah yang sama, ud g caci maki masih blom datang jg

  3. Saya sudah telpon 147 sudah beberapa petugasnya nda datang2….Pelayanan Telkom & Speedy di tempat saya memang parah…

  4. Wah kejadian nya sama seperti yang saya aLami skarang, tapi tunggu hasil dari teknisi telkom esok hari, mkasi sharing nya mas, jadi ga seberapa khawatir lagi🙂

  5. masalah gua mah aneh lg nih, lampu adsl dan internet sering mati kalo dipakai internet, kayak ngga bisa narik gitu, dipakai sebentar mati gitu terus berulang, cek suara telp jernih aj kok, terus saya telp 147 tak berapa lama datang tuh pasukan merah lengkap dengan peralatannya, eehh udah datang taunya speedy sy udah bagus sendiri, ditunggu lama ngga juga mati- mati, udah bosan nunggu pulang tuh teknisinya katanya ngga ada masalah,, tak berapa lama kumat lg tuh penyakitnya,, hadeeeeh apa ada hantunya yaa

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s