10 Sumber Energi Positif

Energi positif merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Dengan memperbanyak energi positif yang masuk dalam diri kita, Insya Allah kita bisa ‘memerangi’ energy negatif (ketegangan, stress dan kecemasan). Berikut ini adalah sepuluh sumber pembangkit energi positif yang akan dapat menaikkan tingkat energy anda.

berpikir positif

1. Makanan Sehat
Pilihlah menu yang memang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh untuk mencapai kinerja optimal. Bila perlu, berikan nutrisi yang baik. Dengan mengembangkan menu pribadi yang menunjang kebutuhan, anda akan lebih mampu menyesuaikan diri dengan gaya hidup sehat.

2. Berolahraga Dengan Gembira
Dengan menciptakan suasana olahraga yang menyenangkan dan menarik, anda akan termotivasi untuk terus melakukan olahraga. Ingatkan diri anda sendiri mengenai manfaat baik kebiasaan berolahraga sebagai bagian dari pemeliharan tubuh sehari-hari. Jangan menganggap olahraga sebagai sebuah pilihan. Mulailah sekarang juga dan lakukan eksperimen hingga anda dapat menikmatinya. Bila anda bosan dan tidak tertarik lagi,jangan berhenti, tetapi ubahlah.

3. Tidur yang Cukup
Tidur penting bagi tubuh agar anda dapat menikmati hidup ini secara utuh. Tidurlah seusai kebutuhan tubuh. Ciptakan lingkungan yang mendukung kualitas tidur yang paling efektif. Cobalah kebiasaan baru,seperti, tidak menonton tv, tidak membaca buku atau menghindari melakukan pekerjaan di atas tempat tidur. Jadikan ranjang tidur sebagai tempat berisitriahat yang tenang untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Pastikan, kamar tidur anda menjadi tempat damai untuk anda sendiri.

4. Menentukan Batas-batas
Tentukan apa-apa yang terpenting bagi anda, dan mulailah berkata “tidak” untuk hal-hal yang tidak penting. Pusatkan diri anda pada prioritas agar anda dapat menggunakan waktu anda dengan baik dan memenuhi hidup anda dengan sesuatu yang berharga. Kendalikan hidup dan waktu anda dengan menyusun batas-batas yang jelas.

5. Berpikir Positif
Pikiran negatif dan kecemasan menguras energi anda. Berpikirlah positif. Kekuatan berpikir seringkali terletak pada kemampuan untuk menangkap kenyataan apa adanya. Bergaullah dengan mereka yang berpikir positif.

6. Menulis Tujuan
Menuliskan tujuan dan harapan-harapan dapat membantu anda memusatkan perhatian lebih jernih. Tuliskan secara spesifik dan sedetil mungkin. Buatlah daftar tersebut mudah dipahami dan diingat agar anda dapat menjaga pikiran-pikiran itu tetap hidup dalam benak anda.

7. Menyisihkan Toleransi
Terlalu toleran adalah salah satu sumber penguras energi bagi kebanyakan orang. Identifikasikan dan sisihkan apa-apa yang anda tolerir. Ini akan membebaskan anda sendiri dan meraih apa yang benar-benar anda inginkan.

8. Membiarkan Mengalir
Tertawa, menangis, dan sebagainya. Lakukan apa yang dapat melepaskan emosi anda.

9. Relaksasi Tubuh
Tubuh kita menyimpan tekanan dan kegelisahan yang tinggi. Apa pun yang anda pilih, seperti, pijat, urut, terapi herbal, akupunktur, refleksi dan macam-macam relaksasi tubuh, adalah cara-cara penting untuk mengembalikan keseimbangan, melancarkan peredaran dan meningkatkan tingkat energi anda.

10. Melakukan Sesuatu
Berhentilah berangan-angan. Mulailah melakukan apa yang ingin anda lakukan atau sesuatu yang sangat menantang diri anda. Daripada menggunakan energi anda untuk bermimpi dan memikirkan sesuatu, lebih baik anda bertindak dan melakukannya.

(diadaptasi dari, “The Top 10 Positive Sources of Energy”, Natalie Gahrmann,M.A.)

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s