5 Penyebab Sulit Konsentrasi

Pernahkah kamu kesulitan menyelesaikan sebuah pekerjaan? Atau sulit mencerna pelajaran? Kalau itu yang terjadi. Mungkin kamu mulai mengalami sulit konsentrasi. Berikut ini beberapa penyebab kenapa kamu sulit untuk fokus.

pria pusing dengan kerjaan

1. Informasi yang berlebihan
Kita hidup di dunia di mana teknologi dapat mentransfer data dengan kecepatan lebih dari 1 gigabit per detik. Sayangnya, otak manusia tidak mampu memproses data-data tersebut dengan kecepatan yang sama. Semua gadget, seperti, BlackBerry, iPod, laptop, dan iPad, melemparkan informasi kepada Anda sehingga memaksa Anda menyelesaikan banyak tugas. Sayangnya, makin banyak tugas yang Anda kerjakan, makin sedikit kemampuan Anda untuk fokus pada satu hal.

Cobalah untuk terorganisasi dalam mengatur informasi. Akan lebih mudah untuk melakukan tugas-tugas jika informasi Anda diorganisasi. Sisihkan juga waktu untuk beristirahat agar bisa kembali fresh dan memulihkan diri.

2. Terlalu banyak stres
Stres memengaruhi pusat kognitif otak. Ketika Anda stres, kecemasan akan membuat Anda makin sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk melakukan meditasi agar Anda merasa lebih rileks. Belajar bermeditasi juga dapat memperpanjang durasi Anda untuk fokus pada sesuatu dan mengurangi rasa cemas.

3. Kurang berolahraga
Sangat sedikit dari kita yang sengaja meluangkan waktu agar bisa berolahraga. Padahal, berolahraga secara teratur tidak hanya membantu Anda menjaga atau menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kapasitas memori serta membantu Anda untuk tidur nyenyak pada malam hari.

4. Kurang tidur
Kurang tidur menjadi alasan utama mengapa Anda selalu limbung. Kita sibuk pergi dari satu tempat ke tempat lain dan tak jarang tidak memenuhi kebutuhan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam tiap malam. Pada situasi seperti ini, kita akan kehilangan kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas.

5. Miskin kepuasan kerja
Pada saat-saat tertentu, kita akan merasa tidak bahagia dengan pekerjaan kita. Namun, ketidakbahagiaan yang terus-menerus bisa menyebabkan miskin kepuasan kerja sehingga mengakibatkan gangguan total pada pekerjaan Anda. Jika sudah begitu, cobalah untuk pergi ke terapis atau mulai mencari pekerjaan baru.
Lima poin di atas hanya beberapa penyebab yang sering terjadi. Tentu masih terdapat banyak penyebab lain. Pastikan untuk melakukan perubahan gaya hidup guna melawan penyebab-penyebab gangguan.

Tentu masih terdapat banyak penyebab lain selain 5 poin di atas. Pastikan untuk melakukan perubahan gaya hidup segera guna melawan penyebab gangguan sulit konsentrasi.

sumber : lifemojo

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s