Ingin Kerja Lebih Fokus?

coffee

Ternyata selain mengusir rasa kantuk, kandungan kafein dalam kopi bisa membuat kita lebih fokus dalam bekerja. Terutama buat kamu yang kerja shift malam. Seperti yang dilansir kompas, bahwa Studi terkini menyebutkan konsumsi kafein akan membantu para pekerja waktu gilir (shift) malam terhindar dari kesalahan.

Kerja lembur atau kerja shift malam banyak dilakukan para pekerja. Dalam jangka panjang hal ini bisa mengganggu jam biologis. Tak sedikit para “kalong” yang terbiasa tidur di luar jam normal ini mengalami gangguan tidur. Mulai dari waktu tidur yang berkurang, atau mengantuk saat bekerja. Akibatnya kemungkinan terjadinya error saat bekerja juga lebih tinggi.

Dalam sebuah analisa terhadap 13 studi mengenai efek kafein pada kemampuan kerja pekerja shift malam, diketahui kafein akan membuat para pekerja lebih sigap, fokus, dan memudahkan mereka menghadapi tantangan sehingga terjadinya error bisa ditekan.

Responden dalam penelitian tersebut mengonsumsi kafein dalam berbagai variasi, seperti kopi, pil, minuman berenergi, makanan, dan sebagian lain diberikan placebo. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi kafein memiliki performa kerja lebih baik dibanding yang mendapat placebo.

Kafein merangsang sistem saraf pusat, yang berakibat pada peningkatkan kemampuan mengingat, konsentrasi, persepsi, dan berpendapat. Meski demikian, terlalu banyak kafein bukan berarti tanpa efek samping. Dalam dosis berlebihan, antara 2-7 cangkir kopi atau lebih dari 250 mg, dapat menimbulkan kegelisahan, mual, atau sakit kepala. Jika dosisnya lebih tinggi, bisa menyebabkan gangguan emosi. (Kompas)

Eits.. tapi perlu diingat jangan berlebihan mengkonsumsi kafein, ntar nggak dapat manfaatnya malah bikin jantung deg-deg an 😉

Advertisements

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s