Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak

Beberapa hari yang lalu, koneksi speedy saya bertingkah aneh. Setelah beberapa menit tersambung ke internet tiba-tiba koneksi terputus alias DC. Kejadian ini selalu berlangsung pada jam sibuk,07.00-12.00. Saya sempat curiga kalau jaringan kabel telepon ada masalah. Karena lampu LED DSL sering nge-blink. Namun ketika saya test jaringan dengan menelpon ke no lain, tidak ada suara kresek-kresek di telpon. Berarti tidak ada masalah dengan line telponnya. “Ah, mungkin saja speedy lagi error”, pikir saya. Langsung coba kontak 147. Petugas bilang kalau jaringan speedy di daerah saya normal. Tidak ada gangguan. Kemudian mereka mereset jaringan speedy saya dengan terlebih dahulu saya diminta untuk meng-off kan modem.

Setelah 10 menit, tiba-tiba jaringan internet lancar. Tidak lagi DC ketika dibuat browsing dan download. Wah saya jadi tambah bingung. Masa’ tiap mau connect minta reset terus?. Keesokannya kejadian berulang lagi. Tapi lebih parah, tidak hanya pada jam sibuk, tapi pada sore harinya juga masih sering DC.

Kemudian saya berpikir, kalau jaringan telpon dan koneksi speedy tidak ada masalah. Ada kemungkinan, kerusakan terjadi pada hardware atau OS windowsnya corrupt. Untuk meminimalkan kemungkinan error, saya coba tes koneksi internet axis dengan hp sebagai modem. Walaupun lambat, koneksi internet tidak putus. Berarti tidak ada masalah dengan PC atau OS. Tersangka terakhir adalah si modem.

Setelah googling sana – sini dapat informasi kalau salah satu ciri-ciri modem ADSL mulai rusak adalah sering disconnect sendiri tanpa sebab. Karena tidak mau dipusingkan dengan masalah internet yang DC, maka saya beli lagi modem ADSL baru merek TP-Link TD-8817. Setelah diganti dengan modem baru, koneksi internet speedy jadi stabil baik pada peak time ataupun sore hari. Agar lebih yakin, saya tes koneksi internet pada waktu yang berbeda selama beberapa hari. Alhasil, jaringan lancar jaya, nggak ada lagi yang namanya DC (terputus sendiri). :)

So, kalau speedy kamu mengalami masalah seperti DC sendiri, ada kemungkinan itu karena modem ADSL yang sudah rusak dan perlu diganti.

Update : 12 November 2011

Sebelum mengganti modem ada baiknya kamu pastikan kalau jaringan telepon tidak ada masalah. Kalau ada suara noise (kresek-kresek) ada kemungkinan yang trouble adalah line telponnya bukan modem. Karena pada hari ini saya mengalami lagi gejala seperti diatas, speedy sering DC. Udah coba modem baru, tapi masalah masih ada. Dan ternyata permasalahan ada di line telpon. Hubungin 147 bagian telponi untuk memperbaiki kabel telponnya.

About these ads

32 thoughts on “Ciri-ciri Modem ADSL yang Rusak

    • perlu dicek satu2. apakah koneksi nggak stabil karen sinyal op yang lemah atau karena malware di PC. untuk perlu nggak nya ganti modem, coba tes modem di pc lain yang punya koneksi op full sinyal. kalau bagus berarti nggak perlu ganti. semoga membantu

    • Bawa modem ke tempat teman yang punya internet. Kalau modem bisa digunakan untuk internetan maka modem belum rusak. mungkin PC atau kabel jaringan di rumah ada yang error. Tapi kalau udah di coba ditempat teman, modem tetep error, bisa dipastikan sudah saatnya ganti modem. Kalau belum yakin coba lagi ditempat teman lainnya.

  1. gan yg saya pake modem speedy tp-link td-8817 masih tetap DC gan….gimana nih caranya….? tapi teloponku masih jalan gan….

    • pastikan modem tidak rusak –> cek di kompi lain
      telpon ada bunyi kresek2 ketika di pakai nelpon? –> kalau iya, jaringan telpon bermasalah, kalau tidak tanya ke 147 apakah jaringan speedy lagi error atau nggak?

  2. Saya lebih bingung lagi, modem lama astoria ngga bisa connect dan udah di setting ulang sama teknisi speedy tetep ngga jalan ampe pusing teknisinya. Trus saya disaranin buat ganti modem baru, akhirnya saya beli modem tplink, setelah setting langsung bisa connect tp baru beberapa menit DC dan kejadian itu berulang2 sering DC. Padahal modem lama astoria udah 4 th pake ngga pernah ada masalah DC atau yg lain, intinya maknyuss… sebagai catatan jaringan telpon ngga ada masalah. Pertanyaan saya adalah apakah kualitas modem tplink emang kurang bagus?atau emang krn saat ini speedy lg bermasalah?

    • coba tes modem di tempat lain, kalau normal kemungkinan jaringan speedy lagi ada masalah. Atau ada line telpon yang kurang baik. bisa minta petugas teleponi telkom untuk mengecek S/N ratio nya. Untuk status jaringan speedy lagi normal atau ada gangguan, coba telp ke 147.

  3. Gan… kalo modemnya sering putus ( DC ) trus kecepatannya menurun , gak ada masalah apa-apa sama telepon , itu gejala modem harus di ganti ya ?? tapi modem masih bisa di pake internet gan…

    Mohon di balas ya :D

    • Kalau jaringan inet dan line telepon gak ada masalah, ada kemungkinan modem mulai bermasalah. Punya saya dulu juga begitu, inet masih bisa tapi bolak balik DC. Kalau ingin pastinya, coba tes modem agan di komputer lain punya teman atau sodara. Kalau bermasalah, ya saat nya ganti modem.

  4. Gan , sekarang modemnya dah gak sering putus-putus lagi , tetapi pada saat dihidupkan tuh modem yang nyala cuman 2 lampu yaitu lampu power dan LAN , ADSL DAN lampu Internet gak nyala meskipun dah di tunggu beberapa menit …

    Biasa kalau sudah begini saya hanya mengangkat gagang telepon trus tunggu beberapa detik lampu Adsl dan Lan akan nyala , yang saya tanya skarang “Apa masalahnya pada jaringan ya ?” atau “Masalah nya pada telepon Rumah Saya?”

    saya pakai modem Tp-link Td 8817 Adsl2+ dipakai dah 2 tahun dan baru kali ini saya menemukan masalah seperti ini.

    Mohon Dibalas ya :D

    • Kalau lampu ADSL nggak langsung nyala, ada kemungkinana yang error: jaringan speedy di daerah agan / kable telp di rumah.
      Karena lampu LAN langsung nyala, berarti tidak ada masalah di jalur komputer ke Modem.

      1. Telp 147, pastikan jaringan speed normal tidak ada gangguan.
      2. Lepaskan kabel telp dari telkom ke pesawat telp. Lalu pasang kbel tersebut ke modem. Apakah error? *ada kemungkinan yang error splitter yang memisahkan kabel ke telp dan kabel ke modem atau kabel dari splitter ke modem.
      3. Apakah suara telp jernih? tidak ada bunyi noise/kresek2. Soalnya saya dulu pernah sering DC karena ada kabel telp depan rumah, yang rusak. setelah di ganti kabel sama telkom koneksi lancar.
      4. Langkah terakhir, pinjam modem teman buat tes. atau coba modem agan di tempat lain.

  5. Thank’s Gan Info nya :D
    Ternyata telepon rumah saya yang bunyi nya noise/kresek2.

    saya mau tanya juga nih gan , jadi cara memperbaiki nya gimana yah?

    Kabel yang mana gan di ganti sama Telkom ? Kabel ke telepon ya?

    Mohon di balas ya :D

    • Kalau kabel mana yang di ganti, petugas telkom bagian telephony lebih tahu. Pengalaman saya, biasanya yang rusak kabel telkom di depan rumah/jalan. Untuk yang kabel telpon dalam rumah masih baik. Moga cepat beres speedy nya :)

  6. Persis yang saya alami beberapa minggu belakangan ini, internet selalu DC di malam hari, siang hari sinyal turun naik. Saya telpon 147, datang petugas Telkom dan setelah diperiksa ternyata modemnya sudah rusak. Saya ganti tuh modem, alhasil koneksi lancar tidak DC lagi bahkan pada malam hari sekalipun jaringan internet tetap lancar!!

  7. gan,mw mintol ni modem sy di kantor d-link dsl 520 t biasax klo gak lg jam” sibuk di kntor jringan internet lncar bgt tp klo udh jam” kntor yg sbk n smua komputer di kntor di pake jringan slalu disconneted alias dc pdhl kabel tlepon n jringan speedynya udh di cek lngsung sm teknisi dri speedynya n gak ada problem ktax,mw tnya ni gan kira” ada apa yah dengan jringan internetku di kntor…mohon sarannya????thanks b4

  8. Modem Tp link baru gan. Kalau dihidupkan. Lampu yg nyala cuma Lampu power sama lampu internetnya. yg lain mati. Nggak bisa ke web configurator. Jadi nggak bs ngeset nomor speedy nya..Apa nya yg rusak ya gan. toloooong.

  9. GAN GIMANA SETTINGNYA SUDAH DISETING UPSTREAM DAN DOWNSTREAM SUDHA MUNCUL TAPI LAMPU INTERNET BELUM HIDUP MOHON PENCERAHANNYA SANGAT!!!!

  10. Coba aja ping ke 192.168.1.1 kalo ngereply < 1 ms berarti masih bagus kalo replynya gede artinya rusak

    cuma sharing aja dari pengalaman thanks

    • om kalo punya saya terakir emang DC trus saya telp 147 dibantu reset,punya saya ke hubung ke router wife dlu lalu LAN ke kompi saya, dari 147 suruh lepas dulu router dilangsung ke modem trus dipandu reset dan bisa! lalu suruh balikin lagi lewat router wifi, jadi ga bisa lagi!!!yang mo say tanyakan apakah modem adsl nya ato router wifi nya yang rusak???thankss

  11. Saya juga pernah tiap pagi gitu RTO terus nunggu setengah jam baru bisa konek itu aja terputus putus
    Nekat + kepepet aku bongkar tuh modem eh ternyata ada salah satu elco mau meleduk gua ganti dah alhamdulilah brosing dan download ngejos lagi heheheheheheh

  12. Sama gan… Kasusnya modem ane udh ganti 3x… Setaun sekali tepatnya ganti trs mulai dari 2012 smpe skrg udh 3x ganti… Hadehhh pengeluaran trs buat modem setahun sekali… Yg awet modem merek apa ya…

    • Saya jg telah pakai 3 modem. Modem pertama allied telesyn at-ar236e, dapat dari telkom thn 2007. Bisa bertahan 2 tahun. Habis itu modem nya rusak. Ganti dengan merek tp link, mampu bertahan cukup lama. Cm adaptor power supply modem gak tahan lama dan rusak. Sekarang pakai modem merek D link, sambil cari adaptor pengganti untuk si TP Link.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s